Manfaat dan Khasiat Kurma Ajwa

1 comment 340 views
Manfaat dan Khasiat Kurma Ajwa

Mendengar kata kurma pasti dibenak para pembaca membayangkan berbuka puasa di bulan Ramadhan. Atau para pembaca membayangkan pergi ke Arab untuk beribadah Haji? Hehe..

Buah kurma berasal dari negara Timur Tengah khususnya Saudi Arabia. Pada zaman dahulu Kerajaan Mesir membudidayakan pohon kurma karena masyarakat di sana merasakan manfaat yang baik bagi tubuh. Sampai sekarang buah ini masih populer di kalangan masyarakat dunia. Masyarakat Indonesia juga banyak mengkonsumsi kurma. Setiap bulan Ramadhan berbondong-bondong membeli buah kurma di pasar atau supermarket.

Kurma yang dapat dikonsumsi ada kurma yang berusia matang, tua (kering), dan juga muda atau sering disebut kurma nabi. Kurma nabi terkenal disebut kurma ajwa. Mengapa disebut kurma nabi? Konon Nabi Muhammad gemar makan buah kurma muda atau ajwa.

Selain kurma memiliki rasa yang manis dan lezat, terdapat banyak khasiat dalam daging kurma bagi kesehatan tubuh. Terutama pada bunda yang sedang menunggu buah hatinya lahir. Berikut manfaat dan khasiat kurma ajwa.

1. Kurma Muda untuk Ibu Hamil

Kurma muda atau ajwa kaya akan nutrisi di dalamnya. Cocok sekali guna meningkatkan nutrisi untuk janin, gizinya akan tercukupi. Pertumbuhan janin terbantu dengan nutrisi yang banyak. Sehingga bayi lahir dalam kondisi yang sehat. Selain itu para bunda bisa mengurangi rasa mual juga.

2. Melancarkan ASI

ASI wajib diberikan kepada buah hati selama 2 tahun. Kandungan oksitosin mampu meningkatkan kualitas ASI dan juga melancarkan ASI. Bagi para bunda yang mengalami ketidaklancara ASI, buah kurma ajwa bisa menjadi solusi.

3. Meningkatkan Kesuburan

Pasangan muda ataupun sudah lama, kualitas sperma dan kesuburan wanita adalah kebutuhan pokok agar mendapatkan keturunan. Kurma muda mampu memeberikan asupan supaya kualitas sperma dan sel telur menjadi lebih baik. Tentunya faktor-faktor yang lain juga diperhatikan seperti pola makan dan aktivitas. Terlalu lelah dan stress mempengaruhi tingkat kesuburan. Kurma muda hanya stimulan saja.

4. Manfaat Kurma Muda untuk Anak-anak

Anak-anak sangat membutuhkan gizi yang banyak supaya tumbuh dan berkembang yang baik dan sehat. Protein dan nutrisi yang banyak pada kurma juga membantu meningkatkan kualitas pertumbuhan otak sehingga mampu berpikir lebih jernih. Mengkonsumsi yang alami lebih baik daripada kimia.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kurma muda juga memiliki vitamin A yang bisa meyehatkan mata. Apalagi zaman sekarang semua serba digital dan harus berhadapan dengan radiasi dari layar. Jika tidak diimbangi vitamin A yang banyak, mata akan cepat rusak.

6. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Hampir setiap buah memiliki antioksidan yang bermanfaat melawan virus dan bakteri. Antioksidan juga bisa mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor. Namun tetap harus ada kesetimbangan dengan pola hidup sehari-hari seperti makan yang teratur dan tidak sembarangan, olahraga, aktivitas, dan tidur yang cukup.

Mengkonsumsi buah kurma tidak memerlukan cara yang rumit. Mudah saja tinggal dimakan langsung. Jika dijadikan topping pada makanan seperti roti, es krim, kue kering tidak menjadi masalah. Jus kurma juga baik. Cara membuat cara jus kurma muda:

  • Siapkan kurma muda, air, kayu manis, jahe, dan air jeruk nipis
  • Campurkan bahan-bahan di atas di dalam gelas blender
  • Blender sampai halus
  • Tuangkan air jus pada gelas
  • Tambahkan madu (opsional)

Sangat mudah bukan? Lakukan secara rutin seminggu 3 kali sudah cukup.

author
One Response
  1. author

    ibsdlinux1 year ago

    wooooow,,, artikel yang sangat membantu min..
    kurma adjwa memang terkenal kaya akan manfaatnya :D.

    Reply

Leave a reply "Manfaat dan Khasiat Kurma Ajwa"