Manfaat Bahan Alami bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Bahan Alami bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Kesehatan

Kesehatan merupakan anugerah yang paling disyukuri setiap makhluk di alam semesta, khususnya manusia. Setiap aktivitas yang kita lakukan sehari-hari membutuhkan kondisi fisik atau tubuh yang prima, sekalipun itu tidur. Jika anda dalam kondisi sakit misalnya demam, tidur saja merasa tidak nyaman bahkan sampai mimpi buruk.

Faktor-faktor kesehatan sangat banyak, misalnya faktor makanan, kebersihan, tidak terlalu stres, lingkungan, dan sebagainya. Namun sebenarnya kita sudah diberikan fasilitas dari Sang Pencipta untuk merawat tubuh kita sendiri, misalnya buah jeruk. Menurut para ahli gizi buah jeruk mengandung banyak vitamin c dan anti-oksidan yang berfungsi meningkatkan imunitas tubuh dan menyerang virus atau bakteri yang menyerang tubuh.

Bagaimana dengan obat-obat yang terbentuk dari senyawa kimia? Apakah itu sama dengan bahan alami? Jawabannya iya. Letak perbedaan bahan alami dan kimia yaitu kandungannya. Bahan alami masih murni kandungannya, sedangkan bahan kimia sudah melalui proses kimiawi di mana jika dikonsumsi terlalu banyak akan mempengaruhi kinerja tubuh manusia.

Keunggulan Bahan Alami

Keunggulan bahan alami selain masih murni kandungannya, yaitu minim efek samping. Buah jeruk dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti radang tenggorokan. Efek sampingnya tidak ada jika dikonsumsi secara cukup. Bagaimana jika dikonsumsi terlalu banyak? Bagi yang mengidap penyakit maag, akan merangsang asam lambung menjadi naik. Contoh lain adalah kencur. Manfaat kencur dapat menurunkan demam tinggi dan menghangatkan tubuh. Resikonya bagi ibu yang sedang hamil muda tidak baik jika dikonsumsi berlebihan karena akan mempengaruhi tumbuh kembang janin.

Efek samping bahan alami tergatung dengan kondisi fisik manusia dan sangat sedikit resiko. Keunggulan yang lain adalah relatif murah. Jahe, kencur, kunyit, daun sere adalah bahan-bahan yang sering dijumpai di pasar atau warung-warung terdekat. Harganya murah karena dapat dibeli dengan harga di bawah Rp10.000,- dan itu dapat dikonsumsi berhari-hari. Dapat dikatakan murah karena kita tinggal di negara yang tanahnya subur dan mudah ditanami bahan-bahan yang memenuhi kebutuhan pokok, khususnya tanaman obat.

Tanaman Obat

Tanaman obat dapat ditanam di sekitar tempat tinggal kita. "Saya tidak memiliki pekarangan yang cukup luas, bagaimana saya dapat menanam tanaman obat? Saya tinggal di rusun, itu bagaimana?" Hal ini dapat diatasi dengan bantuan media polybag, barang-barang bekas seperti ember, tong cat, botol minuman yang besar. Jadi kita dapat menanam di tempat tinggal mana saja.

Bahan alami mampu merawat tubuh bagian wajah dan kulit. Kaum hawa pasti ingin memperlihatkan pesona wajah dan tubuhnya supaya kaum adam ingin meminangnya. Salah satu andalah para wanita merawat kulit adalah bengkoangBengkoang mampu merawat kulit manusia agar tetap bersih, mulus, dan tidak kering. Lalu masalah fisik, bagi yang menginginkan tubuh ideal dapat mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang berserat tinggi supaya melarutkan lemak. Masih banyak lagi manfaat bahan alami untuk kulit dan wajah. Bahkan jerawat dan kulit berminyak mampu diatasi bahan alami.

Kendala kita mengkonsumsi bahan alami adalah konsisten. Perlu waktu yang cukup panjang supaya efek dari bahan alami mampu bekerja secara maksimal. Memang tidak ada efek samping yang serius seperti obat kimia, namun harus rutin. Lebih baik menjaga kesehatan secara preventif dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami.

author
No Response

Leave a reply "Manfaat Bahan Alami bagi Kesehatan Tubuh Manusia"